Sel. Agu 20th, 2019

betonshow.net | Berita Keuangan Indonesia

Just another WordPress site

Tingkat Pengangguran Semakin Tinggi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

3 min read

Indonesia sebagai salah satu negara yang terkenal dengan kepadatan penduduknya. Sebagai negara berkembang, banyak hal yang tentunya harus diperhatikan demi kemajuan bangsa. Salah satunya yang saat ini sedang menjadi fokus utama pemerintah yaitu menyelesaikan permasalah terkait dengan tingkat pengangguran yang terbilang tinggi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai negara berkembang, kepadatan penduduk memberikan pengaruh terhadap tingginya tingkat pendidikan. Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktor utamanya yaitu rendahnya tingkat pendidikan masyarakat di Indonesia.

Tentunya masih banyak kita temui anak-anak Indonesia yang memilih untuk putus sekolah dikarenakan tingkat perekonomian keluarga yang terbilang sangat rendah. Tentunya kamu bisa bayangkan, seseorang yang harus mengalami putus sekolah dan ditambah lagi apabila putus sekolah pada tingkat yang masih sangat awal seperti pada tingkat Sekolah Dasar, tentunya akan membuat mereka sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang terbilang mapan.

Salah satu cara yang akan dilakukan pemerintah dalam kurun waktu terdekat ini adalah membuat program baru yang bernama Kartu Pra Kerja. Pihak pemerintah berharap dengan adanya Kartu Pra Kerja dapat mengurangi tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Akan tetapi, sejak awal kemunculan isu ini, tidak sedikit masyarakat yang salah dalam memahami apa itu Kartu Pra Kerja. 

Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya Kartu Pra Kerja bukan dimaksudkan untuk menggaji para pengangguran dengan cuma-cuma. Melainkan terdapat regulasi di dalamnya. Selain itu, tidak semua masyarakat Indonesia berhak untuk memiliki Kartu Pra Kerja, karena telah terdapat beberapa karakteristik yang ditentukan oleh pihak pemerintah.

Secara umum, terdapat beberapa kriteria masyarakat Indonesia yang memiliki peluang untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja, di antaranya yaitu lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP), lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), hingga lulusan Universitas atau Pendidikan Tinggi.

Nantinya mereka yang berhak memiliki Kartu Pra Kerja akan diberikan training yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan para mentor profesional di bidangnya masing-masing. Lembaganya pun beragam, mulai dari lembaga pemerintah, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga perusahaan swasta.

Jadi, nantinya kamu akan melakukan training terlebih dahulu sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Setelah selesai mengikuti training hingga pada batas sebelum kamu mendapatkan kerja, kamu akan diberikan insentif oleh pemerintah. Contoh lengkapnya seperti ini, setelah selesai melaksanakan training ternyata kamu masih menganggur selama 3 bulan. Nantinya, 3 bulan masa transisi akan diberikan insentif oleh pihak pemerintah.

Namun ternyata setelah training dan 3 bulan menganggur ternyata kamu langsung mendapatkan pekerjaan, makanya insentif yang diberikan oleh pihak pemerintah akan diberhentikan. Karena kamu dengan sudah mendapatkan pekerjaan, artinya kamu sudah memiliki penghasilan sendiri dan sudah tidak termasuk ke dalam kriteria masyarakat Indonesia yang berhak memiliki Kartu Pra Kerja.

Diharapkan melalui program ini akan mengembangkan kreativitas dan kemampuan para sumber daya manusia di Indonesia agar memiliki daya saing yang tinggi apabila dibandingkan dengan sumber daya manusia di negara asing. Selain itu, tidak lupa juga diharapkan dengan adanya Kartu Pra Kerja bisa mencapai tujuan utama yaitu mengurangi tingginya tingkat pengangguran di Indonesia.

Nah, setelah membaca artikel ini tentunya kamu menjadi semakin tahu bagaimana cara mengurangi tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Selanjutnya, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan Kartu Pra Kerja, kamu bisa membacanya melalui artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/

 

More Stories

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.